Home / Akademik / Dr. Cantika Kenalkan Aplikasi Penelitian Bagi Mahasiswa Akhir IKIP PGRI Bojonegoro

Dr. Cantika Kenalkan Aplikasi Penelitian Bagi Mahasiswa Akhir IKIP PGRI Bojonegoro

Bojonegoro, 7 Oktober — IKIP PGRI Bojonegoro menggelar workshop pengenalan aplikasi penelitian untuk Dosen dan Mahasiswa tingkat akhir, Senin (7/10/2024). Workshop yang mengusung tema “Pengenalan Penggunaan NVivo dan VOSviewer” ini, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan bagi Mahasiswa dan Dosen dalam menggunakan perangkat lunak analisis data dan visualisasi data. Workshop ini sangat penting bagi Mahasiswa tingkat akhir, mengingat mereka sedang dalam proses menyusun skripsi atau tesis. Dengan penguasaan NVivo dan VOSviewer, Mahasiswa diharapkan dapat menganalisis  dengan lebih efisien dan mendalam.

Workshop yang dipandu oleh Dr. Sri Budi Cantika Yuli, M.M., akademisi dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang memiliki pengalaman luas dalam penelitian dan penggunaan teknologi informasi dalam pendidikan. Dalam sesi ini, Bu Cantika panggilan akrabnya menjelaskan secara rinci mengenai NVivo, sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk analisis data kualitatif, serta VOSviewer, alat yang memudahkan visualisasi data bibliometrik.

“Mahasiswa tingkat akhir perlu memahami NVivo dan VOAviewer untuk meningkatkan kualitas penelitian mereka. Keterampilan ini tidak hanya penting untuk menyelesaikan skripsi , tetapi juga sangat berharga untuk karir akademik dan profesional di masa depan.” Ujar Dr. Cantika

Tidak hanya memberikan materi, Dr. Cantika juga memberikan contoh konkret tentang bagaimana NVivo dan VOSviewer dapat digunakan dalam penelitian, sehingga peserta dapat melihat relevansi dan aplikasinya dalam konteks mereka sendiri.

Antusiasme peserta sangat terasa selama workshop, dengan banyak dari mereka mengungkapkan rasa terima kasih atas kesempatan untuk belajar dari seorang ahli. Beberapa Mahasiswa menyatakan bahwa workshop ini membantu mereka merasa lebih siap dan percaya diri dalam menyusun skripsi dan penelitian akhir mereka.  “Sangat bermanfaat, apalagi bagi mahasiswa tingkat akhir seperti saya, kegiatan ini sangat membantu,” ujar salah satu mahasiswa tingkat akhir Prodi Bahasa Inggris, Dani Ahmad

Dengan kegiatan ini, IKIP PGRI Bojonegoro menunjukkan komitmennya untuk terus mendukung Mahasiswa dalam mengembangkan kompetensi penelitian. Melalui pelatihan seperti ini, diharapkan Mahasiswa dapat menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas dan relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan.

About admin

Check Also

Gelar Bazar Kewirausahaan Mahasiswa, IKIP PGRI Bojonegoro Dorong Semangat Mahasiswa dalam Berwirausaha

Bojonegoro, 4 Juni 2024 – Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI Bojonegoro menyelenggarakan bazar …